Nanya Bagaimana Caranya Menyimpan Halaman Website di Komputer

ADVERTISING

Nanya Bagaimana Caranya Menyimpan Halaman Website di Komputer; Assalamualaikum, admin akan menjawab pertanyan dari pengunjung blog sekolah al madany ini. Pertanyaanya seputar internet, tapi admin kategoirkan kedalam kategori komputer, karena ada hubungannya dengan komputer, lebih tepatnya lebih ke aplikasi komputer. Pertanyaanya tentang bagaimana caranya menyimpan halaman web di dalam komputer, dan ketika tidak terkoneksi ke internet halaman web tersebut masih bisa di akses. Berikut lebih lengkapnya pertanyaan dan jawaban admin...

Nanya Bagaimana Caranya Menyimpan Halaman Website di Komputer
Pertanyaan;
Halo admin, saya seorang guru nih, pengen nanya. Ceritanya saya ingin mengajar siswa saya mengakses suatu situs / website yang berkaitan dengan materi KBM. Tapi internet di sekolah saya lemot, untuk mensiasatinya saya pergi ke warnet dulu untuk mengunduh isi web tersebut. Tapi masalahnya, hasil unduhan web tersebut ketika dijalankan tanpa koneksi ke internet tidak bisa, cuma tampilan acak-acakan saja. Mohon pencerahannya min...terimakasih atas jawabannya!

Jawab;
Halo juga pak. Sebenarnya ada banyak cara untuk menyimpan halaman web yang kita inginkan, atau menyimpan seluruh halaman website yang menurut kita penting misalnya. Salah satnya dengan menggunakan HTTTrack Web Copies. Silahkan cari lebih lengkapnya di Google. Atau kalau cuma ingin menyimpan satu dua halaman web yang dirasa paling penting, cukup dengan melakukan Print to Pdf saja. Untuk yang ini juga banyak aplikasinya, tinggal cari di internet. Hasilnya nanti berupa prin virtual dalam bentuk pdf, tinggal simpan saja dikomputer kita untuk digunakan sewaktu-waktu.

Selain kedua cara tadi, bisa juga menggunakan aplikasi Pocket dan Instapaper. Kedua aplikasi ini membantu kita menyimpan halaman web, tapi hanya dalam bentuk teksnya saja.

Kalau untuk digunakan dalam pembelajaran, misalnya kita butuhnya satu situs. Cara pertama lebih saya sarankan, yaitu menggunakan HTTTrack. Cuma ketika menggunakan tools ini akses internetnya memang kudu rada gede, alias koneksi internet super cepet. Tapi tergantung banyaknya isi halaman web yang akan kita save.

Demikian jawaban admin. Semoga bisa membantu juragan penanya dan bisa langsung di praktikan. Silahkan cari referensi lain untuk memudahkan proses penyimapanan halaman website tersebut, mungkin ada aplikasi terbaru yang lebih memudahkan proses tersebut.

Baca juga solusi-solusi lainnya berikut ini;
Demikian posting pagi sambil ngopi menjelang berangkat ke sekolah ini, mudah-mudahan sekalipun sambil ngopi jawabannya tidak ngopi ya hehe. Mudah-mudahan bisa menjawab permasalahan si juragan penanya dan bisa dipraktikan. Terimakasih kepada semua pengunjung yang telah mengunjungi blog ini. Ilaliko, Wassalam. Salam dari admin al madany............

ADVERTISING

Previous
Next Post »
Thanks for your comment