Tutorial Singkat Cara Instal Ulang Smartphone Android

ADVERTISING

Tutorial Singkat Cara Instal Ulang Smartphone Android, Assalamualaikum siswa siswiku di sekolah al madany, dan pengunjung semuanya. Apa kabarnya? Kabar baik tentunya yang admin harapkan. Lagi musim Android sekarang ini, hampir semua smartphone OS nya pake android. Lantaran itu kemudian banyak sekali pertanyaan yang masuk ke dapur admin yang pertanyaanya seputar android. Walah walah padahal admin sendiri belum menguasai teknologi android tersebut. Tidak menguasai bukan berarti tidak boleh menjawab, minimal admin tahu dan mau cari tahulah jawaban dari setiap pertanyaan yang diajukan.

Salah satu pertanyaan, begini pertanyaanya. Bagaimana sih cara instal ulang smarphone ane min? Maklum ane nubi, alias pemula. Tolong kasih solusi ya min!

Tutorial Singkat Cara Instal Ulang Smartphone Android
Model: Ninos Niswa siswi SMK Nida El Adabi, Bogor
Langsung dijawab ya;
Bahasa kerennya instal ulang di android adalah flashing. Nah untuk melakukan instal ulang atau flashing android, kawan harus tahu persyaratan yang ini dulu nih:
  1. Siapin dulu software buar merecovery data diantaranya ClockworkMod, Arnon_RA, atau yang lainnya, cari aja di mbah google.
  2. Jangan lupa pula untuk menyiapkan juga Costom Rom/Firmware yang nantinya akan di Flashing, tentu aplikasinya yang harus memenuhi syarat, contohnya stock ROM asli dari vendor atau costom ROM buatan developernya.
  3. Yang ini pasang MicroSD nya, fungsinya tak lain sebagai tempat sementara pada Costom ROM. 
Ngerti enggak? Kalau tidak mengerti, coba ikutin saja satu persatu sesuai lis diatas. Berikutnya kita lakukan tahapan-tahapan dibawah ini;
  1. Siapkan Costom Room yang akan di instal ulang. Filenya bisa diperoleh disini http://source.android.com/source/initializing.html
  2. Simpan file pada SD Card, jangan lupa atur, jangan lupa untuk membuat folder untuk penyimpanan file tersebut.
  3. Berikutnya matikan Smarphone lalu masuk ke Recovery Mode nya
  4. Kalau sudah masuk ke recoverynya, silahkan  lakukan backup terlebih dahulu, ROM yang sudah terpasang, ini jaga-jaga saja agar kita bisa merestore atau mengembalikan data seperti keadaan semula jika dalam proses flashing nya mengalami kegagalan. 
  5. Berikutnya kita lakukan wipe data/reset, wipe cache partition, dan wipe dalvik cache. Dengan cara ini sistem operasi di ROM Android nantinya akan dihapus.
  6. Selanjutnya mulai Flashing atau menginstall ROM. Jangan lupa kita masih dalam posisi Recovery Mode 
  7. Instal ZIP from SDcard/ cari flash zip dari SD Card yang sebelumnya sudah kita simpan dan sidah dibuat pula folder di SD Cardnya.
  8. Karena fungsi layar sudah mati maka untuk mengikuti petunjuk kita bisa menekan tombol Volume UP (untuk keatas),  Volume Down (untuk kebawah) dan Home, untuk pilihan YES.
  9. Ini yang teakhir, lakukan restart dengan memilih reboot system now. Selesai
 Demikian jawaban admin kali ini. Bukan berarti admin pinter ya, ini juga dapet referensi lagi dari tutorial demi tutorial yang bisa kita peroleh di mbah google. Selamat mencoba mudah-mudahan berhasil.

Baca pula trik andro dan komputer lainnya;
>> Bagaimanakah Cara Root HP Android tanpa menggunakan PC?
>> Cara Menemukan System Restore di Windows 8

Terimakasih sudah membaca tutorial singkat andro ini, mudah-mudahan bermanfaat. Mohon maaf kalau ada kekeliruan dan langkah yang salah dari tutorial ini. Untuk siswa siswiku semuanya teruslah belajar, hari ini eranya Android maka teruslah belajar untuk menguasai teknologi tersebut. Next selamat belajar dan teruslah belajar..............

ADVERTISING

Previous
Next Post »
Thanks for your comment