Bagaimana Cara Mengatasi Konfigurasi WLAN Laptop Toshiba?

ADVERTISING

Bagaimana Cara Mengatasi Konfigurasi WLAN Laptop Toshiba? Assalamualaikum siswa dan siswi sekolah al madany semuanya, selepas magrib admin coba-coba menjawab pertanyaan sepuat trouble komputermu melalui +susi. Ada pertanyaan yang menanyakan, mengenai masalah WiFi laptop tidak koneksi. Masalah seperti ini untuk orang yang mengeti IT atau suka ngoprek pasti bukan masalah besar, karena tinggal seting ulang konfigurasi WLAN nya masalahpun langsung teratasi. Tapi bagi yang baru punya laptop misalnya, masalah ini bisa dianggap serius.

Bagaimana Cara Mengatasi Konfigurasi WLAN Laptop Toshiba?
Begini pertanyaanya...
Kira-kira begini; Laptop saya merk Toshiba tidak bisa mendeteksi sinyal Wireless. Saya kemudian mengecek servicenya, ternyata autoconfig WLAN nya tidak berjalan. Kemudian saya klik start, dan malah muncul pesan begini "windows could not start the WLAN auto Config service on Local Computer." Error 1075: The depedency service does not exist or has been marked for deletion. Apa penyebabnya ya admin, dan bagamiana solusinya?

Jawaban admin untuk pertanyaan tersebut
Oke admin akan menjawab berdasar pengalaman, dan beberapa referensi lainnya; jawabannya begini;
  • Pastikan dulu perangkat WiFi masih bekerja bagus, alias tidak rusak. Coba cek di Device Manager.
  • Kalau ternyata tidak rusak, coba di uninstall driver wireless dan WLAN autoconfigna. 
  • Restart laptop
  • Lakukan instalasi kembali driver wireless 
  • Coba lihat apakah windows bisa mendeteksi wireless, jika belum juga bisa, kemungkinan Windows corrupt. Untuk mengatasinya lakukan repair.
Laptop tidak bisa mendeteksi wireless, kadang bukan berarti Windows corrupt. Tapi fungsi short cut pada keyboard yang deactivate wireless tersebut. Coba tekan tombol FN + F10 (atau tombol F lainnya yang ada gambar ikon wirelessnya). Kalau menyala, berarti disitu masalahnya.

Untuk memperbaiki Windows yang corrupt juga tidak berarti harus langsung merepairnya menggunakan DVD repair, kita bisa melakukan restore terlebih dahulu. Coba lakukan restore untuk mengembalikan laptop ke keadaan seperti semula sebelum terjadi corrupt yang mungkin menyebabkan wireless tidak terdeteksi. 

Kalau masih belum tahu bagaimana caranya merestore laptop, silahkan baca dulu posting admin tentang cara menemukan restore di Windows 8, kurang lebih prosesnya seperti itu kalaupun misalnya OS laptopnya Win 7 misalnya.

Demikian posting seputar trouble komputer kali ini,  mudah-mudahan bermanfaat dan dapat membantu mengatasi permasalahan siswa atau rekan guru yang mempunyai masalah seperti itu. Pengetahuan ini juga bermanfaat bagi siswa sekolah al madany yang di SMK program keahlian TKJ.

Baca juga solusi penting lainya;
> Bagaimanakah Cara Root HP Android tanpa menggunakan PC?
> Cara Menemukan System Restore di Windows 8

Photo diatas siswi SMK Nida, Bogor. Terimakasih untuk semuanya yang sudah berkunjung, mohon maaf atas jawaban yang mungkin kurang tepat, atau belum menyelesaikan masalah lantaran setelah mengikuti step by step solusi kali ini ternyata wireless belum juga terbaca. Segeralah berkonsultasi dengan teknisi IT deket rumah atau pergi ke tempat perbaikan komputer yang menurut anda punya reputasi yang bagus.

ADVERTISING

Previous
Next Post »
Thanks for your comment