Soal Latihan UKK Kelas 5 SD Matematika Materi Operasi Hitung Campuran

ADVERTISING

Soal Latihan UKK Kelas 5 SD Matematika Materi Operasi Hitung Campuran; Assalamualaikum, siswa dan siswiku di sekolah al madany. Apakabarnya ba'da magrib ini ya? Mudah-mudahan sesudah ngaji, langsung belajar lagi ya. Selalu sehat untuk kalian. Amiin. Nah bahan belajar untuk malam ini, silahkan coba-coba jawab soal latihan untuk persiapan UKK mendatang, kali ini soal matematika materi operasi hitung campuran. Silahkan simak contohnya terlebih dahulu, kalau sudah mengerti, silahkan mulai mengerjakan soal soal latihannya.

Operasi hitung campuran, menyelesaikan soal-soal yang mengandung sekurangnya dua pengerjaan; perkalian, penjumlahan, pembagian, dan pengurangan pecahan. Lihat contohnya berikut:
Soal Latihan UKK Kelas 5 SD Matematika Materi Operasi Hitung Campuran
Ingat-ingat itu remember, bahwa proses operasi hitung campuran ini ada aturannya. Perhatikan aturan berikut:
  1. Tanda tambah (+) dan tanda kurang( - ) sama kuat, artinya yang didahulukan dikerjakan adalah yang ada disebelah kiri terlebih dahulu.
  2. Tanda kali (X) dan bagi (:) sama kuat, artinya yang didahulukan dikerjakan yang disebelah kiri terlebih dahulu
  3. Tanda kali (X) dan bagi ( : ) lebih kuat daripada jumlah (+) dan kurang (-) artinya yang tanda kali (X) dan tanda bagi ( : ) dikerjakan terlebih dahulu daripada operasi tanda tambah (+) dan kurang (-).
Contohnya:
Soal Latihan UKK Kelas 5 SD Matematika
Jika ada tanda kurang (-), maka dikerjakan terlebih dahulu perhitungan yang ada didalam kurung.
Contohnya:
Latihan UKK Kelas 5 SD Matematika Materi Operasi Hitung Campuran
Bagaimana dengan menyelesaikan soal cerita? Berikut contoh soal cerita. Contoh soal cerita:
Di KUD Kampung Blok Jambu memiliki simpanan pupuk yang terletak di 3 gudang. Masing-masing gudang berisi 13 3/10 ton, 18 1/2 ton, 10 9/20 ron. Pupuk tersebut akan dibawa ke pasar untuk dijual menggunakan truk. Truk tersebut memiliki daya angkut 3 4/5 ton. Agar smpanan dalam gudang habi, berapa kali kah truk harus mengangkut pupuk yang tersedia?

Perhatikan proses menyelesaikan soal cerita diatas. Simak dengan baik-baik agar kalian cepat paham, dan langsung bisa mengerjakan soal latihan.

Latihan-latihan:
Latihan UKK Kelas 5 SD Matematika Materi Operasi Hitung Campuran
Mudah-mudahan dengan berlatih pada soal yang ada dalam posting ini, anak-anak ku di kelas 5 sekolah al madany kalian bisa menyelesaikan soal UKK pada materi operasi hitung campuran ini. Semoga sukses. Soal pecahan sebelumnya: Soal Latihan UKK Matematika Kelas 5 Operasi Gabungan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

Lihat soal UKK kls 5: Soal Latihan Matematika Kelas 5 SD Persiapan UKK TP. 2014/2015

Terimakasih untuk semuanya yang sudah berkunjung dan menyimak postingan ini. Mudah-mudahan postingan sederhana ini bermanfaat. Mohon maaf atas kekeliruan redaksi soal, dan lainnya, untuk itu saya sangat berterimakasih apabila ada pengunjung yang mau memberikan masukan atas kealfaan yang sering saya tampilkan dalam posting blog ini. Ilaliko, Wassalam. Mari menghitung...............


ADVERTISING

Previous
Next Post »
Thanks for your comment