Pekerjaan Apa Saja dalam Pra Produksi Pembuatan Film Animasi?

ADVERTISING

Pekerjaan Apa Saja dalam Pra Produksi Pembuatan Film Animasi?; Assalamualaikum, semoga sehat semuanya ya? Amiin. Ada yang sekolah di SMK dengan program keahliam multimedia? Nah di sekolah al madany, di level SMK nya program keahlian tersebut merupakan satu dari program keahlian yang ada. Nah untuk siswa kelas 11, ada mata diklat Animasi Dasar. Sebenarnya program keahlian animasi sendiri ada, lebih fokus ke animasi. Sedangkan di program keahlian multimedia, mata diklat animasi dasar tersebut juga ada, cuma tidak deatail seperti yang diajarkan di SMK dengan program keahlian khusus animasi, cuma dasar-dasarnya saja. Kali ini admin, coba ngingetin ulang materi pra produksi untuk pembuatan film animasi. Sebenarnya materi pra produksi, produksi, dan pasca produksi ada tersendiri di mata diklat disain multimedia. Kali ini kita fokus dulu bahasanya ke pra produksi untuk proyek pembuatan film animasi.
Pekerjaan Apa Saja dalam Pra Produksi Pembuatan Film Animasi?
Pra produksi sendiri artinya tahapan-tahapan kegiatan sebelum produksi. Dalam tahapan ini jika proyeknya dikerjakan bareng-bareng maka segala macem pekerjaan yang akan dilakukan pada saat produksi direncanakan, dirancang, dan dibuat skejul plannya apa dan seterusnya. Ini tak lain untuk mematangkan perencanaan produksi. Berikut rinciannya yang harus kalian ketahui.

Pra Produksi Pembuatan Film Animasi
Tahapan pra produksi pembuatan film animasi meliputi beberapa pekerjaan ini;
1. Konsep, membuat konsep
Konsep film animasinya seperti apa sih? Apakah film animasi yang akan dibuat untuk film layar lebar atau televisi? filem animasi pendek, atau film animasi untuk iklan? Termasuk konsep ceritanya, premis, sinopsis, style animasi, disain dan latarnya. Menurut para ahli, atau orang yang bekerja dibidang film animasi sih, sebaiknya dilakukan riset terlebih dahulu, risetnya harus matang, sehingga konsep animasi bisa dilanjutkan ke tahapan produksi animasi. Bagian riset ini yang kadang belum sering dilakukan oleh anak-anak SMK dalam pra produksi film animasi.

2. Cerita dan skenario
Tahapan ini adalah membuat penjelasan tertulis tentang cerita yang akan ditampilkan di layar. Conoh skenario bisa di search di mesin pencari, ada banyak contoh dan model penulisan skenario, kalau kamu mau nyari, cari yang fokus untuk pembuatan film animasi saja, sebab materi yang kita bahas adalah tentang pembuatan film animasi.

3. Menentukan karakter
Menentukan karakter ini untuk mempertegas karakter dari masing-masing tokoh animasi yang akan dibuat, apakah dia itu antagonis, protagonis, perannya sebagai teman tokoh utama, benda-benda milik tokoh utama, binatang dan sebagainya. Juga tidak lupa menentukan karakter dari latar cerita, misalnya lagi musim apa, lokasinya dimana, jamannya apa, dan seterusnya.

4. Color code, tahap menentukan kode warna yang digunakan
Pada tahap ini yang dikerjakan adalah menentukan kode-kode warna yang akan digunakan untuk masing-masing karakter. Misalnya untuk tokoh utama, warna kulitnya apa, rambutnya seperti apa, pakaiannya warna apa dan lain sebagainya. Kode-kode itu harus di daftar agar mempermudah pada saat coloring nantinya.

5. Disain background, tahap menentukan latar belakang tempat
Tahapan ini menentukan latar ata tempat kejadian lokasi karakter cerita, apakah latarnya di hutan, dilaut, di luar angkasa dan lain sebagainya.

6. Story board, tahapan pembuatan sketsa untuk adegan
Tahapan ini adalah proses menuangkan skenario kedalam bentuk sketsa adegan. Story board penting untuk memudahkan para disainer animasi, mengukur berapa lama adegan, dan keperluan pengambilan adegan lainnya.

Baca juga hal terkait dengan smk prgram keahlian multimedia, diantaranya;
Soal UKK SMK Kelas 10 Mata Diklat Disain Multimedia (Esay)

Kalau 6 tahapan diatas sudah dilakukan, maka selanjutnya adalah tahapan produkis. Nah untuk bahasan ini akan admin tulis pada kesempatan posting birkutnya. Gimana paham kan pra produksi pembuatan film animasi? Mudah-mudahan paham ya. Kalau belum paham nanti lanjutkan diskuisnya di kelas bersama guru mata diklat animasi dasar. Semoga bermanfaat. Ilaliko, wassalam. Mari berkreasi dan belajar lebih giat.........

ADVERTISING

Previous
Next Post »
Thanks for your comment