Sebutkan Cara Pengambilan Keputusan Bersama? (PKN Kls 5 Sem Genap)

ADVERTISING

Sebutkan Cara Pengambilan Keputusan Bersama? (PKN Kls 5 Sem Genap); Assalamualaikum Wr. Wb, hari yang cerah mudah-mudahan secerah kalian semuanya, dia admin untuk pengunjung blog sekolahalmadany.blogspot.com, mari kita tetep berlatih soal untuk meningkatkan kompetensi biar pas UKK nanti mudah menjawab soal-soal. Kali ini kita menjawab salah satu butir soal mata pelajaran PKN kelas 5 SD di semester genap ini.

Sebutkan Cara Pengambilan Keputusan Bersama? (PKN Kls 5 Sem Genap)
Pertanyaan ini merupakan salah satu soal pada mata pelajaran soal PKn kelas 5 SD semester genap pada bahasan bab 4, beberapa soal lainnya sudah diterbitkan pada posting terdahulu. Kali ini cuma satu pertanyaan, tapi jawabannya lengkap ya!

Pertanyaanya;
Sebutkan cara pengambilan keputusan bersama?

Jawaban:
Tata cara pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan dua cara, (1). dengan cara musyawarah mupakat, (2). melalui pemungutan suara terbanyak, ini dilakukan jika pada musyawarah mupakat tidak diperoleh kesepakatan bersama.

Tata cara musyawarah mupakat antara lain:
  • peserta musyawarah datang tepat waktu
  • musyawarah dimulai apabila peserta telah memenuhi korum
  • harus ada ketua musyawarah, notulen, dan peserta musyawarah
  • setiap peserta musyawarah berak menyampaikan pendapatnya dan menghargai pendapat anggota lainnya
  • peserta musyawarah dalam menyampaikan pendapat harus dapat diterima akal sehat, bukan berdasar kepentingan pribadi semata, mematuhi norma, dan tidak menyinggung perasaan 
Catatan:
Korum adalah......... penetapan jumlah minimal anggota musyawarah yang harus hadir.

Oke, sampai catatan diatas, berarti kita sudah bisa menyelesaikan sebuah pertanyaan. Untuk melihat jawaban dari soal soal Pkn lainnya silahkan lihat posting yang ini: Jawaban Soal PKN Kelas 5 SD Materi Bab Keputusan Bersama (UKK)

Baca juga soal UKK PKN:
Kumpulan Soal UKK/UAS SD Kelas 5 Semester 2/Genap Kurikulum KTSP (5 Mapel)

Terimakasih semuanya sudah membaca jawaban soal dari pertanyaan pada posting ini. Mudah-mudahan ini bermanfaat ya, setidaknya bisa menambah khasanah pengetahuan siswa kelas 5 SD dan guru kelasnya. Silahkan dikoreksi apabila ada kealfaan dalam menjawab pertanyaan diatas. Ilaliko, Wassalam. Mari belajar lagi.........

ADVERTISING

Previous
Next Post »
Thanks for your comment