Soal Latihan UKK Matematika Kelas 5 SD Materi Simetri Putar

ADVERTISING

Soal Latihan UKK Matematika Kelas 5 SD Materi Simetri Putar; Assalamualaikum! Sehat, kuat, dan diberkahi untuk semua pengunjung sekola al madany. Amiin. Melanjutkan latihan soal pelajaran matematika kelas 5 SD persiapan UKK, kali ini soal yang akan ditampilkan adalah, soal latihan ukk matematika kelas 5 bab nya simetri putar. Berikut beberapa soal matematika dari materi simetri putar ini mudah-mudahan bermanfaat untuk para siswa sekolah al madany semuanya, dan siswa kelas 5 lainnya.

Simetri putar adalah...
  1. Suatu bangun datar menempati tempatnya
  2. Banyak simetri putar suatu bangun datar tergantung pada banyak cara suatu bangun datar tersebut menempati bingkainya.
  3. Makin banyak cara suatu bangun datar menempati bingkainya, makin banyak pula simetri putarnya.
  4. Pusat putaran adalah pada titik pada suatu bangun datar yang apabila bangun datar diputar melalui titik tersebut, bangun datar tersebut dapat menempati bingkainya lebih dari satu kali.
Perhatikan contohnya dibawah ini...
Soal Latihan UKK Matematika Kelas 5 SD Materi Simetri Putar
Perhatikan; segitiga sama sisi diatas dapat menempati bingkainya dengan tiga cara bila diputar melalui titik pusatnya sampai menempati posisi semula. Kesmipulannya, segitiga sama sisi tersebut mempunyai 3 simetri putar. Bagaimana dengan bangun datar yang lain?

Latihan-latihan
  1. Tuliskan berapa banyak simetri dari gambar masing-masing bangun dibawah ini!
  2. Pak Rahmat hendak salah satu ubin sekolah al madany yang rusak, ubin sekolah tersebut berbentuk persegi. Ada berapa carakah pak Rahmat dapat memasang ubin penggantinya?
  3. Apa saja bangun datar yang memiliki 2 simetri putar? sebutkan!
  4. Beri tanda dengan titik P bangun datar dibawah ini, dan beri garis putus-putus untuk menentukan titik pusatnya!
  5. Berapakah jumlah simetri putar gambar bangun dibawah ini?
  6. Perhatikan bangun datar dibawah. Jika diputar 300 derajat, dimanakah titik C berada?
Lihat pula soal materi lainnya: Soal Latihan UKK Matematika Kelas 5 SD Materi Pecahan dalam Perbandingan dan Skala

Itulah siswa siswiku dan pengunjung blog semuanya share soal ukk matematika kelas 5 SD ini, sekalipun singkat, mudah-mudahan ada manfaatnya. Mohon maaf apabila ada kekeliruan redaksi, dan tata letak konten lainnya. Silahkan berkomentar apabila ada kekeliruan dan kritik lainnya. Ilaliko, wassalam. selamat berlatih soal matematika kelas 5 simeteri putar...!

ADVERTISING

Previous
Next Post »
Thanks for your comment