Soal Latihan UKK Matematika Kelas 5 SD Materi Pecahan dalam Perbandingan dan Skala

ADVERTISING

Soal Latihan UKK Matematika Kelas 5 SD Materi Pecahan dalam Perbandingan dan Skala; Assalamualaikum! Mudah-mudahan semua siswa sehat, pun dengan bapak ibu gurunya. Terutama siswa di sekolah al madany. Amiin. Posting malam ba'da isya, mudah-mudahan ada manfaatnya. Sedikit berbagi mudah-mudahan banyak faedah. Dan apa yang mau diposting admin kali ini, tak lain melanjutkan posting sebelumnya masih posting soal ukk matematika kelas 5 SD. Kali ini sub materinya adalah pecahan dalam perbandingan dan skala. Mari simak terlebih dahulu contoh-contohnya.

Simak dengan seksama;
Perbandingan; bilangan pecahan dapat diartikan sebagai perbandingan sebagian dengan keseluruhan jumlah benda dalam suatu kumpulan.

Skala; skala biasa digunakan pada peta. Yang dimaksud dengan skala adalah perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya. Rumusnya: Skala = jarak pada peta : jarak sebenarnya.

Contoh soal Perbandingan
Soal Latihan UKK Matematika Kelas 5 SD Materi Pecahan dalam Perbandingan dan Skala
Perhatikan gambar diatas, dalam gambar ada 3 buah kotak putih dari keseluruhan kotak yang berjumlah 9 kotak. Ditulis 3 : 9. Bisa kita katakan, kotak putih berbanding semua, atau 3 berbanding 9. Ditulis 3 : 9.

Contoh soal Skala
Jarak kota Y dan kota Z pada peta adalah 10 cm. Sedangkan jarak sebenarnya adalah 200 Km. Tentkan skala peta tersebut?

Jawab:
Jarak pada peta = 10 cm.
Jarak sebenarnya = 200 Km. Dibuat centimeter, jadinya 200 km = 20.000.000 cm.
Skala = jarak pada peta : jarak sebenarnya
          = 10 : 20.000.000
          = 1 : 4.000.000

Latihan-latihan
Matematika Kelas 5 SD Materi Pecahan dalam Perbandingan dan Skala
4). Hasil ujian matematika Doni cukup memuaskan. Perbandingan soal yang dijawab Doni adalah 4:5. Jika soal yang dijawab Doni sebanya 12 soal. Berapa jumlah soal keseluruhan?
5). Jarak trek untuk lari maraton dari start ke finish dalam peta adalah 10 cm. Jika jarak sebenarnya dalah 500 km. Berpakah skala pada peta?

Baca soal latihan lainnya: Soal Latihan UKK Kelas 5 SD Matematika Materi Operasi Hitung Campuran

Demikian poting soal latihan pada posting kali ini, mudah-mudahan ada manfaatnya. Bagi yang ingin melihat soal-soal latihan matematika SD kelas 5 lainnya silahkan dilihat pada arsip posting sebelumnya, disana nanti pengunjung bisa melihat soal latihan matematika materi apa saja yang sudah di posting. Ilaliko, Wassalam. Selamat berlatih perbandingan dan skala.......

ADVERTISING

Previous
Next Post »
Thanks for your comment