Soal Latihan UKK Matematika Kelas 5 Operasi Gabungan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

ADVERTISING

Soal Latihan UKK Matematika Kelas 5 Operasi Gabungan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan; Assalamualaikum, siswa dan pengunjung sekolah al madany, selamat sore, mudah-mudahan sehat dan berkah . Amiin. Posting ba'da magrib ini adalah, menampilkan soal matematika untuk latihan pra UKK. Materi soal matematika kelas 5 kali ini adalah operasi gabungan penjumlahan dan pengurangan pecahan. Semoga bermanfaat!

Sebelum mengisi soal, coba perhatikan terlebih dahulu contoh-contoh dari operasi gabungan penjumlahan dan pengurangan pecahan ini. Simak contohnya berikut ini:

Contoh soal cerita:
Pak Mulyadi mempunyai 13/20 mentega dalam box. Baru kemarin ia membeli 0,7 kg mentega. Dan tadi pagi ia menggunakan 1/2kg mentega untuk membuat martabak. Berapa kg mentega yang ada sekarang?

Ingat ingat ingat....
Untuk menyelesaikan soal yang mengandung penjumlahan dan pengurangan pecahan, untuk menjumlahkan dan mengurangkan pecahan biasa dengan terlebih dulu penyebut masing-masing pecahan disamakan. Menyamakannya dengan cara mengcari KPK nya. Kemidan pembilang masing-masing pecahanya disesuaikan penyebutnya. Begitu teorinya...

Setelah mengamati contoh-contoh diatas, mari kita berlatih mengerjakan soal-soal berikut ini. Mudah-mudahan siswa kelas 5 sekolah al madany bisa ya! Jawabannya nanti kirim via email aja.

LATIHAN-LATIHAN
Silahkan jawab soal-soal latihan dibawah ini dengan jelas!

Mudah-mudahan lima soal latihan diatas bisa dikerjakan dengan benar semua dan mampu mengasah kemampuan adik-adik kelas 5 semuanya. Masih kurang soal latihannya? Kalau masih kurang, tenang saja, berikut soal latihan lainnya yang bisa meningkatkan kemampuan adik-adik semuanya. Silahkan amati dan kerjakan dengan benar.

Nah sekarang siswa kelas 5 SD sudah mendapatkan bahan latihan untuk soal UKK matematika kelas 5 SD mendatang, beberapa butir soal UKK nanti diambil butir soalnya dari materi ini. Jadi, kalau kalian pada latihan ini sudah mampu mengerjakan semuanya tanpa ada perbaikan berulang, maka kalian pada UKK nanti tidak akan menemukan kesulitan jika menemukan soal seperti ini.

Baca soal matematika kelas 5 sd lainnya: Soal Latihan Matematika Kelas 5 SD Penggunaan Pecahan UKK Sem 2 + Jawaban

Alhamdulillah posting soal latihan mata pelajaran matematika kelas 5 SD ini selesai, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa mengasah kemampuan siswa pada materi operasi gabungan penjumlahan dan pengurangan pecahan. Mohon koreksinya apabila ada penjelasan atau soal yang keliru. Ilaliko, Wassalam. Selamat berlatih matematika........

ADVERTISING

Previous
Next Post »
Thanks for your comment