Mengenal 5 Tokoh Yang Berperan Dalam Mempertahankan Kemerdekaan RI (Rangkuman PKN Kelas 5)

ADVERTISING

Mengenal 5 Tokoh Yang Berperan Dalam Mempertahankan Kemerdekaan RI (Rangkuman PKN Kelas 5); Assalamualaikum. Di hari libur ini, mudah-mudahan sema siswa dan pengunjung blog sekolahalmadany ini bisa berkumpul dengan keluarga dan diberi kesehatan dan kebahagiaan. Amiin. Kali ini admin akan mengulang materi PKN kelas 5 SD pada materi perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. Ini rangkuman bahasan terakhir dari keseluruhan materi, dan admin rangkum dalam judul mengenal tokoh yang berperan dalam mempertahankan kemerdekaan RI, tokohnya yang dirangkum kali ini ada lima. Siapa saja mereka?
Mengenal 5 Tokoh Yang Berperan Dalam Mempertahankan Kemerdekaan RI
Berikut nama-nama tokoh yang berperan penting dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dari rongrongak kembali penjajahan Belanda dan sekutu, dan pemberontakan pemberontakan:
1. Ir. Soekarno

Siapa yang tidak kenal dengan Ir. Soekarno, beliau adalah tokoh proklamator Indonesia, yang membacakan teks proklamasi kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1945. Ir. Soekarno terpilih sebagai presiden Indonesia pertama pada tanggal 18 Agustus 1945. Perjuangan yang dilakukan ir. Soekarno dilakukan melalui berbagai perundingan.

2. Drs. Moh. Hatta

Tokoh proklamator lainnya selain ir. Soekarno, adalah Moh. Hatta. Beliau yang pernah memimpin kabinet selama memperjuangkan kemerdekaan RI. Kabinet yang dipimpin beliau berusaha menggalang persatuan dan kesatuan nasional, dan kabinet yang dipimpinnya ini penuh dengan hambatan dan rintangan, diantaranya Agresi militer Belanda ke II, dan pemberontakan G30SPKI.

3. Jenderal Soedirman

Siapa yang bersama pasukannya mampu mengusir tentara Inggris dari Ambarawa? Ya, beliau adalah Jenderal Soedirman. Beliau adalah panglima pasukan TKR (Tentara Keamanan Rakyat) yang mampu mengatur siasat perang tangguh sehingga pasukan yang dipimpinnya mampu mengusir pasukan Inggris di Ambarawa. Dan ketika Yogyakarta dikuasai Belanda, Jenderal Soedirman juga merupakan panglima yang memimpin sisasat perang gerilya dari luar kota Yogyakarta, padahal waktu memimpin perang gerilya tersebut dalam kondisi sakit, sehingga beliau memimpin gerilya diatas kursi tandu.

4. Sri Sultan Hamengku Buwono IX

Sekalipun Sri Sultan Hamengku Buwono merupakan putra bangsawan, tetapi beliau sangat merakyat, belaiupun turut serta berjuang bersama rakyat. Dalam sejarah perjuangan tercatat, Sri Sultan Hamengku Buwono IX pernah menjadi delegasi Indonesia dalam perundingan Roem-Rojen. Pun saat terjadi serangan 1 Maret 1949 beliau juga yang menyediakan termpat persembunyian di dalam keraton untuk tentara TNI. Sri Sultan Hamengku Buwono IX pun pernah menjabat menteri koordinator pertahanan dan keamanan RI, juga pernah menjabat sebagai wakil presiden RI.

5. Bung Tomo

Pada saat terjadi pertempuran Surabaya, suara komando Bun Tomo lewat pidato-pidationya di Radio memotivasi dan berhasil membakar semangat seluruh pejuang melawan tentara Belanda. Nama asli dari Bung Tomo adalah Sutomo. Dengan suara lantang dan takbir Allahuakbar nya semangat para pejuang terus dikobarkan, walaupun Surabaya saat itu sudah dikepung oleh tentara Belanda dari berbagai titik.

LATIHAN-LATIHAN
Setelah membaca rangkuman diatas, silahkan mencoba menjawab beberapa soal latihan berikut ini.
  • 1). Sebutkan 5 tokoh pejuang yang berjasa dalam mempertahankan RI?
  • 2). Sebutkan 2 tokoh proklamator Indonesia?
  • 3). Siapakah putra bangsawan yang menyediakan tempat untuk bersembunyi tentara TNI saat serangan 1 maret 1949?
  • 4). Bagaimanakah kondisi kesehatan Jenderal Soedirman saat memimpin perang gerilya?
  • 5). Ceritakan secara singkat tentang Bung Tomo!
Kerjakan pula: Soal Ulangan PKn Kelas 5 UKK Semester 2/Genap
Dapatkan juga: Jawaban Soal PKN Kelas 5 SD Materi Bab Keputusan Bersama (UKK)


Demikian siswa siswiku di sekolah al madany dan siswa siswi kelas 5 SD lainnya, mudah-mudahan rangkuman materi pkn kelas 5 sd ini bermanfaat dan soal-soal latihan yang ada juga bisa memberi pengalman mengerjakan soal dengan topik materi PKN kelas 5 ini. Semoga bermanfaat, Ilaliko, wassalam. Selamat berlatih soal rangkuman.......

ADVERTISING

Previous
Next Post »
Thanks for your comment