Tips Agar Kamu Bisa Menulis Artikel Sederhana (Motivasi Pelajaran Bahasa Indonesia)

ADVERTISING

Tips Agar Kamu Bisa Menulis Artikel Sederhana (Motivasi Pelajaran Bahasa Indonesia)-Assalamualaikum siswa siswiku di sekolah al madany semuanya, semoga semuanya sehat. Amiin. Hal pertama yang akan dibahas dalam posting ini adalah "belajar menulis", lebih spesfik lagi yaitu belajar menulis artikel. Bahasannya kita batasi kepada "menulis artikel sederhana". Buat siswa siswiku yang sedang belajar menulis artikel, misalnya saja mendapat tugas menulis artikel sederhana pelajaran Bahasa Indonesia, maka sebaiknya membaca tulisan ini untuk mendapatkan tips-tips ringan tapi bisa langsung kalian praktikan dan mudah-mudahan berhasil membuat kalian bisa menulis artikel sederhana tersebut.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjGEfrEzIvfCJwzoHKbmgYsj9eRbhQVapUY6ajO00YFfPTdnhSe75QCd8w0hwWNZ8j7oiAemlh_lhT_5PtKFLrbPwPttIBYt_OaV963yhewhAji_g6oLrqWVWqbhwAsU4YVz0MiiTCf_Q/s1600-r/tips+belajar+menulis+artikel+sederhana.png
Tips-tips ini bisa kalian baca dulu, pahami, telaah, dan kalau tiga hal tersebut sudah dilakukan berikutnya tinggal mempraktikanya sendiri.
  • Belajar menulis itu bisa dilakukan sendiri dengan cara sering menulis, tapi akan lebih mudah kalau belajar menulis itu sama orang yang memang bisa menulis. Jadi kalau kamu memang serius ingin bisa menulis maka sering-seringlah berlatih menulis sendiri, apa saja tulis hingga bisa dibaca orang lain. Tapi akan lebih baik dan cepat hasilnya kalau kalian belajar langsung sama orang yang memang "bisa menulis". Cara mengetahui orang yang bisa menulis mudah kok, tinggal lihat saja karya-karya yang sudah ditulisnya. Misalnya orang tersebut sering membuat tulisan di blog, atau syukur-syukur orang tersebut sudah membuat buku. 
  • Jangan takut tulisan yang kamu buat tidak dibaca orang lain lantaran tulisan kamu itu dianggap buruk. Tidak ada yang buruk dari tulisan siapapun selama tulisan tersebut tidak menghina orang lain, mencaci, memfitnah dan hal-hal lainnya yang amoral. Tidak bagus menurut kita belum tentu menurut orang lain, bisa saja menurut kita buruk menurut orang lain bagus. Mungkin menurut kita isi tulisan kita spele, tapi ternyata menurut orang lain itu sangat bermanfaat.
  • Sering-seringlah membaca tulisan orang lain dengan ciri khasnya masing-masing. Ada banyak tulisan di media masa atau internet saat ini, dari sekian banyak konten yang tiap hari update di internet, pasti kamu bisa mengelompokan yang mana tulisan sastra, komik, informasi, dan lain sebagainya. Ikuti tulisan-tulisan dari topik yang kamu sukai. Kalau kamu suka dan ingin menulis tentang topik makanan, maka sering-seringlah mengupdate bacaanmu dari orang-orang yang menulis dengan topik makanan. Maka dengan sendirinya kamu telah belajar menulis topik makanan.
  • Punya media untuk menuliskan apa saja yang ingin kamu tulis. Media tersebut bisa buku harian, komputer, dan lembaran kertas. Dan saat ini ada banyak media yang bisa kamu jadikan ruang untuk menulis, dan enaknya ruang tersebut bisa langsung dibaca orang lain. Contohnya blog, sosial media. Dengan sering menulis di blog kalian akan belajar banyak hal dengan sendirinya. Bukan cuma menulis, tapi belajar pula cara menyajikan konten yang menarik, belajar mengkategorikan tulisan, belajar mengetahui apa yang disukai pembaca, dan banyak lagi.
Baca juga beberapa artikel lainnya berikut ini:
Tips Sukses UKK/UAS Bagi Siswa SD,SMP,SMA,SMK (Motivasi Al Madany)
Tips Mencari Penghasilan Tambahan Buat Bayar SPP Sekolah
Tanya Siswa: "Pak Kenapa sih Pacaran di Larang?"
Cara Upgrade RAM Laptop Bagaimana Cara Upgrade RAM Laptop?

Nah itulah empat tips agar kamu bisa menulis artikel sederhana kali ini, silahkan kalian baca, pahami dan telaah sebelum kalian mempraktkannya poin demi point diatas tersebut.  Semoga sukses buat kalian, hingga pada akhirnya kami bisa menemukan tulisan-tulisanmu, bisa di blog, web personal kamu, atau mungkin di buku best seller kamu. Amiin. Baca lagi tulisan-tulisan lainnya yang ada di blog ini, dan temukan tulisan-tulisan yang bisa memberi perbendaharaan pengetahuan postifi buat kamu.

ADVERTISING

Previous
Next Post »
Thanks for your comment