Belajar Mengetahui dan Mengamalkan Adab Adab Murid Terhadap Guru

ADVERTISING

Belajar Mengetahui dan Mengamalkan Adab Adab Murid Terhadap Guru-Assalamualaikum siswa siswiku yang di rahmatai Alloh SWT, semoga hari ini kalian diberikan kemudahan dalam belajar dan mengerjakan amal sholeh, amiin. Ketika di sekolah kalian akan selalu berinteraksi dengan guru guru kalian, nah dalam interaksi tersebut ternyata harus ada batasan-batasan yang harus dijaga. Batasan antara yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan terhadap guru tersebut. Dalam tulisan ini pak guru mau memberikan beberapa adab yang harus diketahui dan diamalkan oleh seluruh siswa.

Belajar Mengetahui dan Mengamalkan Adab Adab Murid Terhadap Guru

Apa saja adab murid terhadap guru itu? Berikut beberapa adab yang harus dipatuhi siswa terhadap guru:

Berdasarkan referensi [1] Adab Murid Terhadap GuruSyeikh Az-Zarnuji, Ta’lim Muta’alim, terj. Abdul Kadir Aljufri, (Surabaya :Mutiara Ilmu, 2009). Ada beberapa adab yang harus murid patuhi, yaitu:
  • seorang murid hendaknya tidak berjalan didepan gurunya. jangan mendahuli gurunya kalau berjalan, kecuali gurunya mempersilahkan siswa untuk berjalan didepannya dengan maksud mengawasi siswanya.
  • tidak duduk tempat duduk gurunya. Kalau didalam kelas, kalian hendaknya tidak duduk dikursi guru kalian, sekalipun guru kalian tidak berada ditempat. 
  • tidak memulai bicara kepada guru kalian kecuali guru kalian mempersilahkannya
  • tidak berbicara dihadapan guru kalian
  • tidak bertanya sesuatu apabila guru kalian sedang capek dan bosan
  • harus menjaga waktu, jangan mengetuk pintunya, tapi menunggu sampai guru keluar
  • seorang murid harus kerelaan hati guru, harus menjauhi hal-hal yang menyebabkan guru marah, mematuhi perintahnya asal tidak bertentanangan dengan agama
  • Termasuk menghormati guru adalah juga dengan menghormati putra-putra guru, dan sanak kerabat guru.
  • jangan menyakiti hati seorang guru karena ilmu yang dipelajarinya akan tidak berkah.
Walaupun guru kalian adalah seorang penyabar, yang selalu memaklumi apa yang kalian lakukan terhadapnya, sekalipun itu diluar adab-adab yang harus kalian patuhi. Kalian mulai dari sekarang hendaknya belajar mengamalkan adab-adab diatas. Agar kalian mendapat berkah, dan dimudahkan dalam belajar. 

Artikel lainnya:
Tips Agar Kamu Bisa Menulis Artikel Sederhana (Motivasi Pelajaran Bahasa Indonesia)
Tips Sukses UKK/UAS Bagi Siswa SD,SMP,SMA,SMK (Motivasi Al Madany)
Tanya Siswa: "Pak Kenapa sih Pacaran di Larang?"
Bolehkah Guru Laik-laki Berjabat Tangan Dengan Siswi Yang Sudah Baligh?

Mudah-mudahan dengan membaca artikel singkat ini: Belajar Mengetahui dan Mengamalkan Adab Adab Murid Terhadap Guru, kalian mulai dari sekarang hendaknya mengamalkan adab-adab tersebut. Jangan lupa untuk memberi tahu teman-teman yang lain dan mengingatkannya apabila ada teman kalian yang terlihat tidak sopan terhadap gurunya.

ADVERTISING

Previous
Next Post »
Thanks for your comment