Panduan Umum Rapat Kerja Sekolah Al Madany Untuk TP.2015/2016

ADVERTISING

Panduan Umum Rapat Kerja Sekolah Al Madany Untuk TP.2015/2016; Assalamualaikum, semoga hari ini kita diberi kesehatan dan kelapangan rizki. Amiin. Akhirnya kita sampai juga dipenghujung tahun ajaran 2014/2015, dan siap-siap menyambut visi baru di tahun ajaran 2015/2016. Apa kabarnya sekolahalmadany? Nah kali ini admin mau membagikan panduan umum yang harus dilaksanakan dalam acara rapat kerja sekolah di masing-masing level sekolah di lembaga pendidikan sekolah al madany ini. Apa saja panduan umum rapat kerja sekolah tahun ajaran 2015/2016?

Untuk bahan laporan administrasi, panduan umum rapat kerja sekolah al madany terdiri dari:
Kata pengantar..................
Daftar isi...............
Bab 1. Pendahuluan...............
1.1. latar belakan //1.2. tujuan //1.3. manfaat //1.4. target dan sasaran //1.5. peserta
Bab 2. Materi raker dan pelaksanaan
2.1.tata tertib peserta //2.2. ruang lingkup materi //2.3.komisi pembahas materi //2.4.jadwal kegiatan //2.5.kepanitiaan.
Bab 3. Penutup
Lampiran-lampiran pelengkap dan pendukung laporan

Panduan Umum Rapat Kerja Sekolah Al Madany Untuk TP.2015/2016
Poin penting dalam rapat kerja sekolah al madany sebagai berikut;
Pada sub bab //1.2. tujuan. Sub bab ini terdiri dari tujuan umum dan tujuan khusus, masing-masing level sekolah (SD SMP SMA SMK) menyesuaikan dengan tujuan raker masing-masing. Poin penting yang harus dilaksanakan semua level;
  • Secara umum tujuan rapat kerja sekolah al madany dilaksanakan untuk membangun tali silaturahim sesama karyawan sekolah antar semua level agar terjaganya kebersamaan secara institusi dan pribadi-pribadi. Dan tujuan umum dari raker adalah untuk membahas, merencanakan, dan mencari solusi-solusi tentang persoalan-persoalan kehidupan karyawan, guru, staf dan pengelola sekolah untuk mewujudkan bersama-sama visi misi sekolah.
  • Sedangkan tujuan khususus dari raker sekolah al madany adalah sebagai forum untuk melakukan evaluasi program kegiatan sekolah selama tahun ajaran sebelumnya, dan pembuatan program kegiatan terkait tugas pokok dan fungsi (tupoksi) guru dan karyawan serta stakeholder sekolah (termasuk Komite Sekolah) untuk tahun ajaran baru 2015/2016.
Pada sub bab 1.3 manfaat dari diadakannya raker sekolah al madany, harus memunculkan beberapa point dibawah ini;
  • Rapat kerja sekolah al madany diharapakan dapat memberikan manfaat di tahun ajaran baru 2015/2016 untuk peningkatan kesejahteraan baik lahir maupun batin bagi guru, karyawan, staf dan pengelola sekolah agar semua sama-sama bisa menata hati untuk sama-sama meningkatkan kinerja sehingga dapat melangkah pasti menata sekolah al madany, mewujudkan visi, misi sekolah al madany, dan mencapai target, program, dan rencana jangka pendek tahun ajaran baru di masing-masing level sekolah al madany.
Pada sub bab 1.4 target dan sasaran rapat kerja sekolah al madany yaitu;
  • terevaluasi proses kegiatan belajar mengajar (kbm) tahun ajaran sebelumnya
  • terevaluasi kegiatan sekolah tahun ajaran sebelumnya
  • terevaluasi semua program akademik, kesiswaan, keagamaan, dan program sie lainnya pada tahun ajaran sebelumnya
  • terevaluasi sarana dan prasarana, hubungan kerjasama dengan masyarakat sekitar, kerjasama antar instansi tahun ajaran sebelumnya
  • membuat program kbm tahun ajaran 2015/2016
  • membuat program sekolah tahun ajaran 2015/2016
  • membuat program akademik tahun ajaran 2015/2016
  • membuat program kesiswaan dan sie lainnya untuk tahun ajaran 2015/2016
  • membuat program pengadaan sarpras dan fasilitas pendukung lainnya untuk t.a 2015/2016
  • membuat program kerjasama, pelatihan, pengembangan sdm, peningkatan kualitas dan kesejahteraan guru, staf dan pengelola sekolah untuk t.a 2015/2016
Pada sub bab 1.5 peserta raker sekolah al madany adalah;
  • seluruh guru, karyawan, dan pengelola sekolah al madany masing-masing level (sd, smp, sma, smk)
  • pengurus komite masing-masing level
  • tamu undangan, unsur birokrasi dinas pendidikan, dan tim konsultan pendidikan
Materi pokok rapat kerja sekolah al madany secara global terdiri dari;
Pada sub bab 2.2 membahas tentang ruang lingkup materi rapat yang terdiri dari;
//2.2.1. bagian akademik
  • pembuatan dan pembahasan kurikulum sekolah
  • pengembangan silabus pendidikan sekolah berkarakter dan sesuai silabus sekolah hasil perbandingan dan evaluasi bersama bidang akademik dan antar bidang akademik
  • pembahasan kalender pendidikan tahun ajaran 2015/2016
  • pemetaan standar kompetensi (SK), kompetensi dasar (KD) t.a 2015/2016
  • pembuatan program tahunan sekolah t.a 2015/2016
  • pembuatan program sekolah t.a 2015/2016
  • program kerja masing-masing bidang akademik/kurikulum
  • penyusunan dan pengembangan rpp/lesson plan  sekolah t.a 2015/2016
  • pengembangan bahan ajar t.a 2015/2016
  • pengadaan media kbm t.a 2015/2016
  • penyususnan kriteria ketuntasan minimal (kkm) t.a 2015/2016
  • program remedial dan pengayaan t.a 2015/2016
  • pembahasan kriteria kelulusan dan kenaikan kelas t.a 2015/2016
  • pembahasan program pengembangan sdm, diklat, workshop, dan jenis pelatihan lainnya untuk guru di t.a 2015/2016
//2.2.2. bagian kesiswaan
  • pembahasan kebijakan pembinaan kesiswaan t.a 2015/2016
  • pembahasan program kesisawaan antar level sekolah al madany t.a 2015/2016
  • pembahasan program kerja organisasi siswa antar level sekolah al madany t.a 2015/2016
  • pengembangan buku besar budaya sekolah sekolah al madany antar level t.a 2015/2016
  • pengembangan dan pembahasan kegiatan intra, ekstra kurikuler siswa antar level t.a 2015/2016
  • pembahasan aturan dan strategi pembahasan dan pengembangan siswa masing-masing level sekolah al madany 
  • pengaturan dan permutasian siswa antar level sekolah al madany
  • pembahasan aplikasi data siswa dan pengembangannya t.a 2015/2016
//2.2.3. bagian sarana dan prasarana
  • pembahasan program pengadaan sarana dan prasarana sekolah untuk t.a 2015/2016
  • pembahasan inventarisasi sarpras sekolah untuk t.a 2015/2016
  • pembahasan alokasi biaya dan sumber biaya untuk pengadaan sarpras t.a 2015/2016
  • pembahasan pengaturan dan penggunaan sarpras t.a 2015/2016
  • lain-lain bisa ditambahkan  
//2.2.3.bidang keagamaan
  • pembahasan program keagamaan antar level t.a 2015/2016
  • pembahasan program peningkatan mutu keagamaan sekolah t.a 2015/2016
  • pembahasan kajian qur'an, dan lainnya untuk peningkatan mutu akhlak siswa t.a 2015/2016
  • lain-lain bisa ditambahkan 
//2.2.4. hublin humas
  • pembahasan program hublin humas antar level sekolah al madany t.a 2015/2016
  • pembahasan analisis kerjasama dengan dunia usaha dan bidang industri t.a 2015/2016
  • pembahasan program komite sekolah antar level sekolah al madany t.a 2015/2016
  • pembahasan aturan koordinasi hublin humas antar level t.a 2015/2016
//2.2.5. lab dan bidang ict
  • pembahsan program lab dan ict masing-masing level t.a 2015/2016
  • analisisi biaya pengadaan media, hardware, software dan kontrak kerjasama t.a 2015/2016
  • pengembangan aplikasi sekolah, peremajaan web, server sekolah dan lain-lain antar level sekolah al madany bidang ict t.a 2015/2016
  • lain-lain bisa ditambahkan 
//2.2.6. bidang administrasi dan tata usaha sekolah
  • pembahasan adminisrasi sekolah antar level sekolah al madany t.a 2015/2016
  • pengadminisrrasian bidang akademik, kesiswaan, kepegawaian dan lainnya
  • lain-lain boleh ditambahkan
//2.2.7. APBS TP. 2015/2016
  • sosialisasi penyerapan dana 
  • sosialisasi dan pembuatan RAPBS t.a 2015/2016
//2.2.8. SDM dan kepegawaian
  • pembahasan program sdm dan kepegawaian sekolah al madany antar level t.a 2015/2016
  • pembahsan program pengembangan karir bagi guru t.a 2015/2016
  • pembahsan pemetaan dan rekruitmen sdm, guru antar level sekolah al madany t.a 2015/2016
  • pembahasan penempatan tugas tambahan bagi guru t.a 2015/2016
  • pembahasan proses peningkatan kesra bagi guru, karyawan dan staf masing-masing level sekolah al madany t.a 2015/2016
2.3. nama masing-masing komisi yang menyampaikan pembahasan
  • nama komisi bidang akademik masing-masing level sekolah al madany
  • nama komisi bidang kesiswaan masing-masing level sekolah al madany
  • nama komisi bidang keagamaan masing-masing level
  • nama komisi bidang humas masing-masing level
  • nama komisi bidang lab dan ict masing-masing level
  • nama komisi bidang administrasi dan tata usaha masing-masing level
2.4. jadwal kegiatan
  • hari, tanggal kegiatan
  • uraian kegiatan
  • waktu
  • lain-lain 
2.5. kepanitiaan rapat kerja nasional
  • jumlah panitia
  • nama-nama panita
  • jabatan
  • lain-lain 
Demikian  panduan umum rapat kerja sekolah Al Madany untuk TP.2015/2016 ini mudah-mudahan bisa menjadi informasi bermanfaat bagi seluruh guru, staf dan karyawan di sekolah al madany, bermanfaat pula bagi para wali siswa dan stakeholder sekolah al madany kedepan, khususnya untuk tahun ajaran baru 2015/2016. Informasi-informasi tersebut masih bersifat global, untuk lebih spesifik ada pada masing-masing level sekolah al madany. Ilaliko, wassalam. Mudah-mudahan sekolah al madany lebih berkualitas....

ADVERTISING

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
NewNews
admin
10 Juli 2019 pukul 11.57 ×

Sepertinya panduan umum rapat kerja sekolah ini hasil mengedit dari panduan rspat kerja smpn 230 Jakarta (???)

Congrats bro NewNews you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment