Beginilah Pembinaan Siswa MAN Insan Cendekia Serpong

ADVERTISING

Beginilah Pembinaan Siswa MAN Insan Cendekia Serpong| Assalamualaikum sahabat blog sekolah almadany, saya ingin bertanya siapa yang tak kenal dengan MAN Insan Cendekia serpong? Sekolah yang terkenal dengan konsennya dalam pembinaan akhlak, juga mentereng prestasi. Pastinya semuanya kenal dengan MAN IC ini. Tiap tahun puluhan penghargaan dari prestasi-prestasi yang ditorehkan siswa MAN IC menjadi bukti prestasi sekolah ini.

Keberhasilan meraih penghargaan tidak terlepas dari semangat dan keseriusan menuntut ilmu. Semangat otodidak dalam belajar didukung dengan optimalisasi peran guru. Guru di MAN Insan Cendekia berfungsi sebagai pengajar sekaligus pendamping belajar. Iinput ataupun output menjadi prioritas utama lembaga ini. Tes seleksi ketat guna menjaring para calon siswa digelar di berbagai kota besar sehingga lembaga ini mencetak 120 lulusan unggul.

Beginilah Pembinaan Siswa MAN Insan Cendekia Serpong
Seperti apakah pembinaan siswa di MAN Insan Cendekia ini?
Seperti sambutan kepala sekolah MAN IC  Dra. Persahini Sidik, M.Si, di situs IC menggaris bawahi bahwa  IC diharapkan mampu melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketakwaan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu mengaktualisasikan diri dalam kehidupan masyarakat.  Sebuah impian mulia yang harus kita wujudkan bersama-sama, agar  tercipta kader-kader pemimpin bangsa di masa depan yang cerdas, kreatif, berakhlak mulia, dan memiliki integritas demi kemajuan dan kejayaan Indonesia Raya.

Untuk mewujudkan semua itu tentu perlu adanya pembinaan yang benar, berikut pembinaan yang dilakukan MAN Insan Cendekia untuk siswa siswinya:
  1. Penegakan Disiplin, penegakan disiplin dilaksanakan dengan prinsip bahwa siswa MAN Insan Cendekia harus bisa bersikap disiplin, baik disiplin waktu, disiplin dalam berpakaian, dalam mengerjakan tugas-tugas, dan lain sebagainya. Pembinaan kedisiplinan di MAN Insan Cendekia dilakukan oleh semua pendidik dan tenaga kependidikan dan secara khusus dibentuk oleh Tim Kedisiplinan yang bertugas mengontrol kehidupan disiplin siswa melalui razia barang-barang, mencatat pelanggaran tata tertib siswa, memberi sanksi bagi pelanggaran tata tertib dan mengadministrasikan data disiplin siswa. 
  2. Latihan Kepemimpinan dan Berorganisasi, pembinaan kesiswaan jalur latihan kepemimpinan dan berorganisasi adalah jalur pembinaan kesiswaan yang berusaha memberi bekal pengetahuan maupun pengalaman kepada siswa untuk memimpin dirinya, orang lain dan lingkungannya dalam mengikuti kegiatan sekolah dan kehidupan. Pembinaan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan untuk mencapai keberhasilan pendidikan siswa di sekolah, di masjid, asrama, atau secara umum untuk menunjang tercapainya tujuan pendidikan MAN Insan Cendekia. 
  3. Pembinaan melalui Kegiatan Ekstrakurikuler, jalur kegiatan ekstrakurikuler adalah pembinaan peserta didik yang berusaha memberi penyaluran minat, bakat, perluasan wawasan, serta kemantapan iman dan takwa melalui bentuk-bentuk kegiatan yang direncanakan dan dilaksanakan di luar program kurikuler untuk menunjang pencapaian tujuan pendidikan MAN Insan Cendekia.
Dan Ekstrakurikuler MAN IC terdiri dari,
  1. Kebahasaan yang meliputi muhadoroh, dan Language Development Program (LDP)
  2. Keilmuan, meliputi; Mekatronika dan Robotika, Karya Ilmiah Remaja, Jurnalistik
  3. Bela Negara, meliputi; Paskibra, Palang Merah Remaja, Pecinta Alam
  4. Olahraga, meliputi; Sepakbola, Bola Basket, Tae Kwondo, Badminton, Tenis Meja, Bola voli
  5. Seni Budaya, meliputi; Hadrah/nasyid, Marawis, Paduan suara, Teater, Band, Tari Saman
Masih banyak lagi sebenarnya pembinaan siswa yang dilakukan oleh MAN Insan Cendekia tersebut, lebih lengkap silahkan kunjungi website sekolah MAN Insan Cendekia tersebut dengan url; http://ic.sch.id/

Nah bagi yang ingin bersekolah disana, bisa membaca terlebih dahulu persyratan apa saja yang harus dipenuhi oleh calon siswa MAN Insan Cendekia tersebut setiap tahunnya, silahkan baca persyaratan PPDB MAN Insan Cendekia pada tulisan yang sudah dimuat di blog ini, baca disini.

Nah untuk anak-anak Al MAdany yang bercita-cita bisa sekolah di MAN Insan Cendekia, baik yang di Serpong ataupun MAN Insan Cendekia Gorontalo bisa mempersiapkannya dari sekarang, diantaranya yang harus disiapkan sejak dini yaitu; belajar yang rajin dan dapatkan nilai terbaik untuk setiap bidang studi, miliki prestasi dibidang apa saja baik akademis atau non akademis, belajar bahasa inggris dan arabnya yang rajin, dan tak lupa untuk meningkatkan ketakwaan, semakin sholih dan hormat sama guru dan orangtua.

*) Referensi info dan gambar dari website MAN IC

ADVERTISING

Previous
Next Post »
Thanks for your comment