Info Seputar MAN Insan Cendekia Serpong

ADVERTISING

Info Seputar MAN Insan Cendekia Serpong| Assalamualaikum sahabat sekolahalmadany semuanya, terutama siswa dan guru. Kali ini ana akan berbagi seputar informasi mengenai Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia. Ada yang sudah tahu tentang MAN Insan Cendekia?

MAN Insan Cendekia itu saat ini baru ada dua, yang satu di Serpong, Tangerang Selatan dan yang satu lagi ada di Gorontalo. Yang ingin ana bagi seputar info MAN Insan Cendekia yang ada di Serpong.

Sejarah MAN Insan Cendekia Serpong
untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam penguasaan iptek yang didasari nilai keimanan dan ketakwaan, pada tahun 1996 bppt mendirikan smu insan cendekia di serpong dan di gorontalo melalui program penyetaraan iptek step (science and technology equity program) bagi sekolah-sekolah yang berada di lingkungan pondok pesantren.

pada tahun pelajaran pertama (1996/1997), penerimaan siswa smu insan cendekia diprioritaskan bagi siswa-siswi smu/ma kelas satu dan siswa-siswi lulusan smp/mts berprestasi yang berasal dari pondok pesantren dan sekolah islam lainnya. akan tetapi, mulai tahun pelajaran kedua (1997/1998) smu insan cendekia memberi kesempatan pula kepada siswa-siswi sltp umum dan mts baik negeri maupun swasta.

sejak tahun pelajaran 2000/2001 smu insan cendekia baik yang berada di serpong maupun di gorontalo dilimpahkan pengelolaannya oleh bppt kepada departemen agama ri. untuk tetap mempertahankan ciri khas penguasaan iptek dan imtak, maka dalam pengelolaan dan pembinaannya departemen agama dan bppt terus melakukan kerjasama. selanjutnya nama smu insan cendekia ditransformasikan menjadi madrasah aliyah insan cendekia dengan tanpa mengurangi dan mengubah sistem pengajaran secara keseluruhan yang telah berjalan selama ini.

pada tahun 2001, dengan sk menteri agama ri, nomor 490 tahun 2001 ma insan cendekia serpong berubah menjadi madrasah aliyah negeri (man) insan cendekia serpong.

Visi dan Misi MAN Insan Cendekia Serpong
visi
mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketakwaan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat.

misi
menyiapkan calon pemimpin masa depan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai daya juang tinggi, kreatif, inovatif dan mempunyai landasan iman dan takwa yang kuat.
meningkatkan pengetahuan dan kemampuan profesional tenaga pendidik dan kependidikan sesuai perkembangan dunia pendidikan.
menjadikan man insan cendekia sebagai sekolah/madrasah model dalam pengembangan pengajaran iptek dan imtak bagi lembaga pendidikan lainnya.

Program Akademik MAN Insan Cendekia
man insan cendekia serpong menggunakan kurikulum diknas (sma) dan kurikulum depag (ma) yang diperkaya sesuai dengan visi dan misi madrasah. artinya, struktur program kurikulum diperkaya dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (program pemantapan iptek) dan peningkatan kualitas keimanan dan ketakwaan (imtak). untuk itu dilakukan penambahan jam tatap muka untuk bidang matematika, fisika, kimia, biologi, pendidikan agama islam, dan bahasa arab.
pendekatan yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar adalah melalui student active learning.

bimbingan ujian nasional
menyiapkan siswa dalam menempuh ujian nsional dengan pemantapan penguasaan materi pelajaran dan latihan soal. program ini dilakukan setelah jam sekolah.
bimbingan ujian masuk universitas
program intensif ini dilakukan setelah ujian nasional, berlangsung selama satu bulan.

studi lapangan
kegiatan ini merupakan studi interdisipliner yang langsung berhubungan objek di lapangan.

pengayaan materi
memperkuat konsep dan latihan soal.

remedial
khusus dilakukan untuk siswa yang mengalami kendala dalam belajar.

klub studi
menyiapkan siswa dalam berbagai kompetisi, baik tingkat lokal, nasional, dan internasional yang meliputi bidang matematika, fisika, kimia, biologi, dan ekonomi.

matrikulasi
diperuntukkan bagi siswa baru sebelum mereka mengikuti proses belajar di man insan cendekia serpong.

Lebih lengkap mengenai IC Serpong bisa dilihat di website resminya: http://ic.sch.id

ADVERTISING

Previous
Next Post »
Thanks for your comment